photo output_mPce62_zpsxt7jyy5f.gif

Menikmati Indahnya Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ait terjun Madakaripura ini berlokasi di Desa Sapeh,Kecamatan Lumbang,Kabupaten Probolinggo,Provinsi Jawa Timur.

BeritaTravelling

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi yang meneteskan air membentuk tirai pada seluruh bid ang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran.

Di balik air terjun utama terdapat sebuah goa dimana untuk mencapainya sangat sulit karena harus melewati kolam air yang luas yang ada tepat di bawah air terjun tersebut.  Kedalaman kolam ini sekitar 7 m dan memiliki arus air yang sangat deras.

Menurut penduduk serempat nama ini diambil dari cerita pada jaman dahulu kala,ketika Patih Gajah Mada Menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di air terjun ini.

BeritaTravelling

Di sekitar air Terjun Madakaripura ini terdapat arca Gajah Mada yang menjadi saksi cerita dari penduduk setempat kalau patih Gajah Mada bersemedi di tempat ini.

Akses untuk menuju ke air terjun Mada karipura ini akan melewatkan jalanan pedesaan yang berkelok - kelok.Untuk menuju ke tempat ini,persiapkan kondisi kendaraan dengan baik,baiknya di cek dahulu kondisi ban bensin,mesin dll agar tidak terkendala pada waktu perjalanan nanti.

Di sepanjang perjalanan Anda akan melewati hutan - hutan dengan dominasi pohon yang lebat,berwarna hijau.Air terjun Madakaripura ini dikelilingi tebing - tebing terjal yang membentuk ruangan.

Berdiri di dalam ruangan alam ini kita akan merasa seolah berada di dasar sebuah tabung,dimana terdapat air terjun dengan air yang jatuh dengan deras nya dari atas.

Air yang jatuh ini menimbulkan bunyi yang berirama,terkadang bunyi yang ditimbulkan lebih keras karena air yang jatuh lebih deras.Keunikan dan kesejukan air terjun Madakaripura ini membuat betah berlama - lama di tempat ini.

Tebing - tebing di sekitar air terjun terdapat goa yang mirip dengan lokasi film - film silat dan memang cocok untuk daerah pertapaan.Hanya terdengar suara air dan jauh dari kebisingan dan polusi kendaraan kota.Tempat nya sangat tenang disini.

Untuk penggemar fotografi,lokasi air terjun Madakaripura ini bisa menjadi obyek yang tidak habis - habisnya,mulai dari pintu masuk kedatangan hingga suasana air terjun nya.

Tempat ini terbilang sepi pengujung dikarenakan minim nya informasi mengenai tempat ini dan jaminan keamanan yang belum ada mengakibatkan jarang orang tahu dan mau berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.



Previous
Next Post »