photo output_mPce62_zpsxt7jyy5f.gif

Wisata Di Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan tempat wisata yang memiliki panorama yang indah yang terdiri dari perbukitan,pegunungan,air terjun,Tempat ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Agam,Provinsi Sumatera Barat Indonesia.

BeritaTravelling

Objek wisata di Maninjau pada dasarnya terbagi dalam dua jenis yaitu objek Wisata Alam atau khusus, objek Wisata Sejarah dan Budaya. Di antara tiga jenis objek wisata tersebut, objek wisata alam merupakan objek wisata yang paling dominan dikunjungi oleh para wisatawan. Namun demikian, keberadaan objek wisata sejarah atau budaya dan   serta objek wisata minat khusus juga sangat menunjang perkembangan pariwisata di Maninjau.

1. Objek Wisata Alam

a. Agro wisata Kelok 44

BeritaTravelling

Kelok 44 merupakan wisata alam yang menarik untuk dinikmati karena selama menempuh jalan yang berkelok-kelok tersebut wisatawan dapat menikmati pemandangan Danau Maninjau dari tempat ketinggian. Selain itu, di kelok 44 juga terdapat kera-kera jinak yang berkeliaran di sepanjang jalan. Kelok 44 dimulai di kelok 1 dari Danau Maninjau menuju Bukittinggi.Di setiap kelokan nya terdapat nomor - nomor nya.

b. Pemandian Gadih Ranti

BeritaTravelling

Pemandian Gadih Ranti berada di atas Air Terjun Gadih Ranti. Berdasarkan mitos yang berkembang pada masyarakat setempat menyatakan bahwa pada masa dahulunya ada seorang gadis yang bernama Gadih Ranti yang selalu menjadikan tempat tersebut sebagai tempat pemandiannya. Gadih Ranti merupakan seorang gadis yang memiliki perawakan rupawan dan berambut panjang. Jika dilihat sekilas, pemandian ini mengandung misteri tersendiri karena kolam pemandian tersebut terbuat dari batu alam yang besar.

c. Taman Muko - muko

BeritaTravelling

Tempat ini berlokasi di Tepian danau Maninjau berdekatan dengan PLTA.Tempat ini menyajikan pesona tersendiri karena didukung oleh beberapa fasilitas seperti taman rekreasi, tempat ibadah, arena bermain anak dan Pulau Legenda. Taman wisata muko-muko muncul dan berkembang sebagai dampak dari pembangunan PLTA Maninjau.

d. Danau Maninjau

BeritaTravelling

Danau Maninjau ini terletak di Kabupaten Agam .Danau ini terbentuk akibat letusan gunung merapi yang memiliki kedalaman 495 meter,dan ketinggian 461.5 meter.
Orang Minangkabau, khususnya orang Maninjau mempercayai legenda di balik terbentuknya danau ini, yaitu “Bujang Sembilan”,

 e. Taman Wisata Lingga

Taman Wisata Linggai merupakan taman wisata yang dikembangkan di salah satu teluk Danau Maninjau. Lokasinya sebenarnya sangat bagus untuk dikembangkan sebagai tempat taman rekreasi air karena tepian danau di daerah ini cukup landai dengan teluknya yang indah. Saat ini kondisi objek wisata ini kurang terawat dan teluk tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tempat pembudidayaan ikan air tawar dengan sistem jala terapung atau karamba.

f. Paralayang

Ditempat ini bisa melakukan olahraga paralayang di saat cuaca yang bagus,di dalam penerbangan nanti bisa melihat pemandangan yang indah Danau Maninjau.


Previous
Next Post »