photo output_mPce62_zpsxt7jyy5f.gif

Wisata Kuliner Di Kota Bangka

Bangka selain terkenal dengan tempat - tempat wisata yang menarik dan banyak dikunjungi oleh pengunjung dan dengan memiliki pantai - pantai nya yang indah dan cantik,Kota Bangka juga mempunyai kuliner - kuliner yang enak dan patut untuk dicicipi jika berkunjung ke kota ini.

Kuliner di kota Bangka merupakan perpaduan kuliner Melayu dengan kuliner Tionghoa yang mempunyai cita rasa yang enak,sangat syang sekali kalau tidak mencicipi nya.

Berikut makanan - makanan khas kota Bangka yang patut untuk dicoba,diantaranya sebagai berikut :

1.Otak - Otak

Siapa yang tidak tahu dengan otak - otak,makanan yang berbahan dasar ikan ini dan dimasak nya dengan cara dibakar mempunyai cita rasa yang khas di Bangka ini.Di Bangka, ada berbagai jenis otak-otak, seperti otak-otak satai goreng, aneka pempek rebus, pempek panggang, uyen (talas goreng), empiang (pempek kulit), otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang dan dibakar, dan masih banyak lagi.Yang membedakan otak - otak Bangka dengan kota lain ialah dari saus nya,saus nya nya cii khas kota Bangka.

BeritaTravelling

2.Bakmi Bangka

Bakmi Bangka atau Mie Bangka merupakan kuliner khas Bangka yang sudah sangat dikenal di daerah lainnya.Di Bangka,bakmi ini memiliki cita rasa yang berbeda dan enak sekali.Pilihan daging yang menyertai bakmi-nya tak hanya ayam. Ada juga mie babi.

BeritaTravelling

3.Mie,Bihun,serta Pantiaw ( Kwetiauw )

Kota Bangka juga dikenal dengan mienya yang enak yang disebut dengan mie bangka.Terkadang juga mie ini dapat diganti dengan kwetiauw atau biasa disebut oleh orang bangka adalah Pantiauw.Mie Bangka pada umumnya dicampuri taoge / kecambah, sayur dan tahu kok - sejenis tahu bakso khas Bangka serta daging cincang ayam (halal) dan babi (non halal).

BeritaTravelling

4.Martabak Bangka

Jajanan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan,martabak ini merupakan makanan khas bangka juga.Banyak yang menjual martabak di kota - kota lain,tetapi rasa nya tidak se - khas di bangka.Ada 3 macam martabak yang terdapat disni yaitu,martabak manis,asin serta tipis krispi.Martabak krispi hampir mirip dengan marabak manis hanya lebih kecil ukuran loyangnya dan tipis. Martabak manis masih dibedakan antara rasa standar (warna kuning) dan pandan (warna hijau). Sedangkan martabak asin hampir sama dengan martabak asal Tegal tetapi selain berisi telur, daging ayam atau sapi dan bawang, masih ditambah irisan wortel. Jadi rasanya mirip fu yung hay, hanya tanpa saus kacang polong.

BeritaTravelling

5.Seafood

Seafood merupakan makanan yang tidak aneh didengar dan merupakan makanan yang biasa dimakan.Akan tetapi di Bangka seafood ny memiliki rasa enak yang berbeda. Daerah Sungailiat yang dikenal karena pantai-pantai indahnya juga merupakan surganya seafood di Bangka. Sebut saja restoran New Raja Laut dan Rock Island di Pantai Parai Tenggiri, atau Ocean Grill Beach di Pantai Tanjung Pesona. Seafood jenis apapun ada di sini. Sebut saja udang goreng tepung dan udang bakar berukuran jumbo, aneka jenis ikan, cumi, kepiting, sotong dan tak ketinggalan siput gonggong juga ada.

BeritaTravelling


6.Kemplang Dan Getas

Makanan yang satu ini merupakan oleh - oleh khas Bangka,Ada berbagai jenis kemplang, seperti kemplang bakar atau kemplang goreng.Serta ada juga Getas yang berbahan dasar sama dengan kemplang,akan tetapi bentuk nya saja yang berbeda,bentuk getas ini berbentuk bulat,sangat cocok untuk dijadikan oleh - oleh jika berkunjung ke bangka.

BeritaTravelling

7.Bong Li Piang


Terbuat dari komposisi Terigu, santan, gula aren, dan nanas. Kue Bong Li Piang mempunyai rasa yang manis dan sedikit gurih. Pada bagian dalam kue, nanas yang telah diolah menjadi selai membuat kue ini menjadi terasa lebih nikmat dan sangat pas dihidangkan bersama kopi atau teh saat pagi dan sore hari.

BeritaTravelling

Itulah berbagai kuliner - kuliner yang patut untuk dicoba di Bangka,semoga informasi ini bermanfaat.Selamat berwisata kuliner.

Agen Poker Online Terpercaya

Agen Bola Terpercaya
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
27 Februari 2017 pukul 09.24 delete

Waaah saya penasara mau nyicip makanan Bong Li Piang, dari sajiannya enak banget gan. insyaallah lebaran besok saya pergi liburan dan menikmamati makanan khas bangka belitung :)

Reply
avatar